Peningkatkan Kemampuan Dalam Mengemukakan Pendapat Melalui Metode Pembelajaran Time Token Pada PKN Siswa Kelas V SDN 03 Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013

Sari, Nita Maretna and , Dra. Risminawati, M.Pd (2013) Peningkatkan Kemampuan Dalam Mengemukakan Pendapat Melalui Metode Pembelajaran Time Token Pada PKN Siswa Kelas V SDN 03 Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (321kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (76kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (341kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (248kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat dan hasil belajar PKn melalui metode pembelajaran Time Token pada siswa kelas V SDN 03 Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru kelas V dan siswa kelas V SDN 03 Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 17 siswa yang terdiri 11 Putra dan 6 Putri. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi, wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif yang meliputi: pengumpulan data, reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan mengemukakan pendapat siswa mengalami peningkatan yang signifikan dari sebelum pelaksanan tindakan sampai pelaksanaan siklus II pertemuan kedua dari 4 siswa (23%) menjadi 16 siswa (94%) yang dapat mengemukakan pikiran dan pendapat baik melalui kata-kata maupun tindakan. Dari 4 siswa (23%) menjadi 14 siswa (82%) yang dapat berkomunikasi secara langsung dan terbuka. Dari 5 (28%) menjadi 15 siswa (88%) yang mampu memulai, melanjutkan dan mengakhiri suatu pembicaraan dengan baik. Dari 5 (28%) menjadi 14 siswa (82%) yang mampu menolak dan menyatakan ketidaksetujuannya terhadap pendapat orang lain. Dari 6 (35%) menjadi 15 siswa (88%) yang mampu menyatakan pendapat dengan cara yang tepat. Sedangkan ditinjau dari hasil belajar siswa yang tuntas hasil belajarnya sebelum dilaksanakan tindakan sebanyak 8 siswa (47%) pada siklus II pertemuan kedua menjadi sebanyak 15 siswa (88%). Kesimpulan dalam penelitian ini metode pembelajaran Time Token dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN 03 Ngargoyoso.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: time token, kemampuan mengemukakan pendapat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 08 Apr 2013 11:10
Last Modified: 30 Oct 2021 18:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23495

Actions (login required)

View Item View Item