Sari, Nita Maretna and , Dra. Risminawati, M.Pd (2013) Peningkatkan Kemampuan Dalam Mengemukakan Pendapat Melalui Metode Pembelajaran Time Token Pada PKN Siswa Kelas V SDN 03 Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (321kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (76kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (341kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (642kB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (248kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat dan hasil belajar PKn melalui metode pembelajaran Time Token pada siswa kelas V SDN 03 Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru kelas V dan siswa kelas V SDN 03 Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 17 siswa yang terdiri 11 Putra dan 6 Putri. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi, wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif yang meliputi: pengumpulan data, reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan mengemukakan pendapat siswa mengalami peningkatan yang signifikan dari sebelum pelaksanan tindakan sampai pelaksanaan siklus II pertemuan kedua dari 4 siswa (23%) menjadi 16 siswa (94%) yang dapat mengemukakan pikiran dan pendapat baik melalui kata-kata maupun tindakan. Dari 4 siswa (23%) menjadi 14 siswa (82%) yang dapat berkomunikasi secara langsung dan terbuka. Dari 5 (28%) menjadi 15 siswa (88%) yang mampu memulai, melanjutkan dan mengakhiri suatu pembicaraan dengan baik. Dari 5 (28%) menjadi 14 siswa (82%) yang mampu menolak dan menyatakan ketidaksetujuannya terhadap pendapat orang lain. Dari 6 (35%) menjadi 15 siswa (88%) yang mampu menyatakan pendapat dengan cara yang tepat. Sedangkan ditinjau dari hasil belajar siswa yang tuntas hasil belajarnya sebelum dilaksanakan tindakan sebanyak 8 siswa (47%) pada siklus II pertemuan kedua menjadi sebanyak 15 siswa (88%). Kesimpulan dalam penelitian ini metode pembelajaran Time Token dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN 03 Ngargoyoso.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | time token, kemampuan mengemukakan pendapat |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 08 Apr 2013 11:10 |
Last Modified: | 30 Oct 2021 18:13 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23495 |
Actions (login required)
View Item |