Peningkatan Ketrampilan Berbicara Melalui Metode Active Knowledge Sharing Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Murid Kelas V Di SD Negeri 02 Wonolopo Tasikmadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

Pebriani, Ceria and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd (2013) Peningkatan Ketrampilan Berbicara Melalui Metode Active Knowledge Sharing Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Murid Kelas V Di SD Negeri 02 Wonolopo Tasikmadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (794kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (200kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] PDF (bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (134kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (422kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mendeskripsikan metode Active knowledge sharing dalam meningkatkan ketrampilan berbicara murid kelas V SDN 02 Wonolopo Tasikmadu Tahun 2012/2013. 2. Untuk mengembangkan ketrampilan siswa dalam meningkatkan ketrampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia murid kelas V SDN 02 Wonolopo Tasikmadu Tahun 2012/2013. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas . Subyek penelitian ini adalah guru peneliti dan siswa kelas V SD Negeri 02 Wonolopo Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 10 siswa, putra 4 siswa dan putri 6 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi, tes, tugas. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi: pengumpulan data, reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan ketrampilan berbicara siswa meningkat dilihat dari aspek memberi jawaban atas pertanyaan yang diberikan sebanyak 2 siswa (20%) sampai menjadi 8 siswa (80%), menanggapi pendapat yang disampaikan siswa lain sebanyak 2 siswa (20%) sampai menjadi 8 siswa (80%), mengajukan pertanyaan terhadap penjelasan sebanyak 3 siswa (30%) sampai menjadi 9 siswa (90%), melengkapi pendapat yang disampaikan teman sebanyak 3 siswa (30%) sampai menjadi 8 siswa (80%), mengajukan usulan berkaitan dengan materi pembelajaran sebanyak 3 siswa (30%) sampai menjadi 9 siswa (90%) dan mempertahankan pendapat dalam diskusi sebanyak 1 siswa (10%) sampai menjadi 8 siswa (80%). Hasil belajar siswa juga meningkat dilihat dari rata-rata kelas dari pra siklus sebesar 67.8 sampai siklus III menjadi 77.6.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: active knowledge sharing, ketrampilan berbicara.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2013 06:31
Last Modified: 30 Oct 2021 18:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23474

Actions (login required)

View Item View Item