Peningkatan Motivasi Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Resource Based Learning Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Paseban Tahun Pelajaran 2012/2013

Rosyidi, Hafid and , Drs. Mulyadi S.K., M.Pd (2013) Peningkatan Motivasi Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Resource Based Learning Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Paseban Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.PDF

Download (2MB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.PDF

Download (2MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (506kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan apakah penerapan model pembelajaran Resource Based Learning (RBS) dapat meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas IV SDN 02 Paseban yang berjumlah 19 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 02 Paseban tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 19 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Siklus pertama membahas sub pokok bahasan pengertian kegiatan ekonomi dan siklus kedua tentang manfaat sumber daya alam yang ada di daerah. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi selama kegiatan pembelajaran IPS berlangsung dengan menggunakan lembar observasi motivasi siswa, angket respon siswa, test, wawancara, dan dokumentasi. Adapun data yang diperoleh dari lembar observasi motivasi dan angket respon siswa dianalisis dengan menghitung persentase dari keseluruhan aspek yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar IPS siswa setelah dilakukan penerapan model pembelajaran Resource Based Learning menunjukkan bahwa rata-rata seluruh aspek motivasi belajar IPS siswa kelas IV SDN 02 Paseban Kecamatan Jumapolo Kabupaten Karanganyar pada pokok bahasan kegiatan ekonomi mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil rata-rata persentase lembar observasi motivasi belajar siswa untuk tiap siklus, yaitu pada siklus I motivasi siswa sebesar 66.3 % untuk siklus II sebesar 96.3 %.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Resource Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2013 11:54
Last Modified: 30 Oct 2021 18:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23473

Actions (login required)

View Item View Item