Munthofiah, Munthofiah and , Drs. Saring Marsudi, S.H. M.Pd (2013) Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Melalui Permainan Monopoli Pada Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Blagung Simo Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (154kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (89kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (618kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui media permainan monopoli. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penelitian adalah peneliti dan siswa kelas IV MI Muhammadiyah Blagung yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi sumber energi panas, sumber energi bunyi, dan energi alternatif. Hal ini dapat dilihat dari 1) antusias belajar siswa dalam pembelajarn IPA sebelum diadakan tindakan sebesar 47,36%, pada siklus I sebesar 61,15%, di akhir siklus mencapai 89,47%. 2) Ketekunan dalam mengerjakan tugas sebelum diadakan tindakan sebesar 68,42%, pada siklus I sebesar 73,68%, pada akhir siklus mencapai 94,73%. 3) Ulet dalam menghadapi kesulitan sebelum diadakan tindakan sebesar 31,57%, pada siklus I sebesar 52,63%, di akhir siklus mencapai 84,47%. 4) Menciptakan lingkungan yang kondusif sebelum ada tindakan sebesar 47,36%, pada siklus I sebesar 73,68%, dan di akhir siklus mencapai 89,47%. Hasil tes yang dilakukan di akhir proses pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan hasi belajar IPA siswa pada materi sumber energi panas, sumber energi bunyi dan energi alternatif. Sebelum diberikan tindakan kelas, hasil belajar siswa hanya mencapai 47,36%, pada siklus I mencapai 73,68% sedangkan di akhir tindakan hasil belajar siswa mencapai 84,21%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media permainan monopoli dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan motivasi siswa sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi, hasil belajar, media permainan monopoli. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 05 Apr 2013 11:36 |
Last Modified: | 30 Oct 2021 18:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23471 |
Actions (login required)
View Item |