Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDIT Hidayaturrahman Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen

Ratih, Farida Puspita and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd and , Drs. Mulyadi S. K., S.H.,M.Pd (2013) Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDIT Hidayaturrahman Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (376kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (72kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (202kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningatkan keterampilan berbicara melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas IV SDIT Hidayaturrahman, Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas tempat mengajar, dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan praktik dan proses dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDIT Hidayaturrahman Masaran, Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: data awal nilai keterampilan berbicara nilai rerata sebesar 60,47, sebanyak 22 siswa memperoleh nilai 60 atau lebih dan ketuntasan secara klasikal 68,76%. Berdasarkan data tersebut, secara klasikal belum mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus I nilai rerata 62,81, sebanyak 25 mendapat nilai 60 ke atas, ketuntasan secara klasikal telah mencapai 78,12%. Berdasarkan data tersebut, secara klasikal telah mencapai ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: model pembelajaran CTL dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SDIT Hidayaturrahman Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan berbicara, model pembelajaran CTL.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2013 11:18
Last Modified: 30 Oct 2021 18:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23469

Actions (login required)

View Item View Item