Istiqomah, Wirda Asyfani and , Dr. Samino, M.M. (2013) Efektivitas Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Bawah Di SD Negeri 1 Sumberejo Wuryantoro, Wonogiri Tahun 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_JUDUL.pdf Download (693kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (37kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (42MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (438kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran tematik, bentuk keefektifan yang dihasilkan dari proses pembelajaran tematik, dan caracara yang digunakan dalam pembelajaran tematik menjadi pembelajaran yang efektif. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas bawah SD Negeri 1 Sumberejo tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini diawali dengan terjun ke lapangan, dan melakukan observasi. Penelitian ini memakai tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data terdiri dari pemaparan data, reduksi data dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran tematik ditunjukkan dengan adanya perubahan yang terjadi pada siswa dari segala aspek dan nilai yang diperoleh dari berbagai macam. Bentuk keefektifan pembelajaran tematik berupa suasana pembelajaran yang menyenangkan, siswa dihadapkan pada hal-hal yang konkrit dan lebih fokus belajar karena pelajaran fokus pada satu tema. Cara-cara yang digunakan untuk membuat pembelajaran tematik lebih efektif adalah dimulai dari guru, dengan lebih memahami lagi tentang pembelajaran tematik dan disarankan supaya guru kelas bawah mengikuti pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan pembelajaran tematik. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran tematik sangat efektif diterapkan di kelas bawah di SD Negeri 1 Sumberejo tahun 2012 / 2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | efektivitas, pembelajaran tematik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 03 Apr 2013 11:45 |
Last Modified: | 30 Oct 2021 17:59 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23461 |
Actions (login required)
View Item |