Widyasmoro, Yogi and , Dr. Samino, M.M. and , Drs. Muhroji, M.Si. (2013) Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Modeljigsaw Pada Siswa Kelas V SD Negeri Cepokosawit II Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (964kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (131kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (613kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menerapkan model pembelajaran Jigsaw.Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 2 Cepokosawit, Sawit, Boyolali sebanyak 13 siswa.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah pada tindakan pra siklus dari 13 siswa yang masuk terdapat 7 siswa (54%) yang mendapat nilai ≥ 70 sebagai KKM, pada siklus I dari 13 siswa yang masuk terdapat 9 siswa (69%) yang mendapatkan nilai ≥ 70 sebagai KKM, sedangkan pada siklus II dari 13 siswa yang masuk terdapat 11 siswa (84,61%) yang mendapatkan nilai ≥ 70 sebagai KKM. Secara keseluruhan, dari siklus I sampai siklus II terdapat peningkatan hasil belajar siswa sejumlah 15,61%. Untuk nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 73,84 sedangkan pada siklus II adalah 84,61 jadi pada siklus I sampai siklus II ada peningkatan nilai rata-rata sejumlah 10,77. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 2 Cepokosawit, Sawit, Boyolalitahun 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | jigsaw, hasil belajar, kelas |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 03 Apr 2013 11:37 |
Last Modified: | 30 Oct 2021 17:57 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23460 |
Actions (login required)
View Item |