Peningkatan Kemandirian Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Metakognitif Berbasis Tutor Sebaya (PTK Bagi Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Polanharjo Tahun 2012/2013)

Fitriani, Asri and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2013) Peningkatan Kemandirian Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Metakognitif Berbasis Tutor Sebaya (PTK Bagi Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Polanharjo Tahun 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (592kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_ARTIKEL_PUBLIKASI.pdf

Download (364kB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengkaji peningkatan kemandirian dan hasil belajar matematika bagi siswa SMP Negeri 1 Polanharjo kelas VIIB semester genap tahun ajaran 2012/2013 melalui strategi pembelajaran Metakognitif Berbasis Tutor Sebaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dua siklus, tiap siklus terdiri dari tiga tahapan yaitu sadar belajar, perencanaan dan monitoring. Data yang diperoleh berupa nilai tes pada akhir siklus I dan pada akhir siklus II. Analisis data dilakukan dengan analisa deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes pada kondisi awal, siklus I dan pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemandirian dan hasil belajar matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator-indikatornya meliputi: 1) siswa mampu menyelesaikan tugas dan tanggungjawab sebelum tindakan 62,5%, siklus I 78,125%, dan siklus II 90,32%, 2) siswa mampu mengatasi masalah sebelum tindakan 46,875%, siklus I 62,5%, dan siklus II 80,645%, 3) siswa percaya pada kemampuan diri sendiri sebelum tindakan 18,75%, siklus I 34,375%, dan siklus II 64,516% dan siswa yang nilainya tuntas KKM sebelum tindakan 68,75%, siklus I 71,875%, dan siklus II 83,87%. Berdasarkan uraian diatas disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Metakognitif Berbasis Tutor Sebaya dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, kemandirian, metakognitif, tutor sebaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Apr 2013 05:56
Last Modified: 27 Oct 2021 22:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23452

Actions (login required)

View Item View Item