Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Bangun Datar Melalui Strategi Student Team Heroic Leardership Dan Guided Note Taking Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Pluss Malangjiwan Colomadu Karanganyar

Nurhayati, Muvida and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2013) Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Bangun Datar Melalui Strategi Student Team Heroic Leardership Dan Guided Note Taking Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Pluss Malangjiwan Colomadu Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (217kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
10__LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (706kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (232kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) meningkatkan keaktifan siswa kelas IV belajar matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran student team heroic leadership dan guided note taking pada pokok bahasan bangun datar.(2) meningkatkan keaktifan guru dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas IV dengan menggunakan strategi student team heroic leadership dan guided note taking pada pokok bahasan bangun datar . Penelitian dilakukan secara deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru kelas IV SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan sebagai subyek pemberi tindakan, peneliti dan kepala sekolah sebagai subyek pembantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, serta siswa kelas IV yang berjumlah 20 sebagai penerima tindakan. Data penelitian ini adalah keaktifam siswa dan guru yang dapat dilihat selama pemberian tindakan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, interview.. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar bangun datar. Hal ini dapat dlihat dari Siswa yang membuat catatan arau ringkasan sebanyak 14,28% pada putaran terakhir meningkat hingga 51,43%,, siswa yang mengajukan dan menjawab pertanyaan sebanyak 11,28% pada putaran terakhir meningkat hingga 54,29%, siswa yang merani mengemukakan ide sebanyak 5,71% pada putaran terakhir meningkat hingga 60%, siswa yang mengejakan soal latihan dan tugas sebanyak 25,71% pada putaran terakhir meningkat hingga 71,63% dan siswa yang mengerjakan soal di depan kelas sebanyak 2,86%. pada putaran terakhir meningkat hingga 2,86%. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran student team heroic leadership dan guided note taking pada pokok bahasan bangun datar mengalami peningkatan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan , Student Team, Heroic Leadership,, Guided Note Taking
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Apr 2013 07:50
Last Modified: 27 Oct 2021 22:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23449

Actions (login required)

View Item View Item