Meiriana, Diyah Ayu and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom (2013) Penerapan Model Pembelajaran Arias Pada Metode Pembelajaran Problem Based Intruction Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Kemandirian Belajar Matematika( PTK Pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 3 Colomadu ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (3MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
|
PDF (NAskah publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (799kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motvasi dan kemandirian belajar siswa kelas VII C SMP N 3 Colomadu. Dimana pembelajarannya menerapkan model pembelajaran ARIAS pada metode Problem Based Intruction. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian PTK. Subjek penerima tindakan pada penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP N 3 Colomadu yang berjumlah 32 siswa. Sedang subjek pemberi tindakan adalah guru SMP N 3 Colomadu. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pendekatan analisis komparatif dan pendekatan analisis kritis. Hasil penelitian menuunjukkan adanya peningkatan motivasi dan kemandirian belajar siswa SMP N 3 Colomadu pada pembelajaran matematika yang menerapkan model pembelajaran ARIAS pada metode Problem Based Intruction. Hasilnya dapat kita lihat dari indikator-indikator motivasi, yaitu: (1) kesiapan siswa mengikuti pelajaran meningkat dari 25% menjadi 71,875%, (2) kemampuan siswa dalam memperhatikan penjelasan guru meningkat dari 21,875% menjadi 71.875%, (3) kemampuan siswa menganalisis masalah meningkat dari 37,5% menjadi 78,125% serta dari peningkatan indikator-indikator kemandirian, yaitu: (1) mengerjakan soal latihan secara mandiri meningkat dari 25% menjadi 78,125%, (2) mampu memecahkan masalah secara mandiri meningkat dari 21,875% menjadi 75%. Dari data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS dengan menggunakan metode Problem Based Intruction dapat meningkatkan motivasi dan kemandirian belajar siswa kelas VII C SMP N 3 Colomadu.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ARIAS, PBI, motivasi, dankemandirianbelajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 02 Apr 2013 12:30 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 22:48 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23439 |
Actions (login required)
View Item |