Marlina, Fitria and , Prof. Sutama, M.Pd. and , Dr. Tjipto Subadi, M.Si (2013) Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Cooperative Script Pada Siswa Kelas Vii Semester Genap SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (3MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (953kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematika melalui strategi pembelajaran cooperative script pada siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Jenis penelitian, yaitu penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII A yang berjumlah 29 siswa dan subjek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VII A. Pengumpulan data dilaksanakan dengan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika. Peningkatan komunikasi diamati dari 1) kemampuan lisan sebelum tindakan 17,24% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 65,51%, 2) kemampuan dalam menulis sebelum tindakan 24,13% setelah tindakan meningkat sebesar 72,41%, 3) kemampuan dalam menggambar sebelum tindakan 20,68% setelah tindakan meningkat sebesar 68,98%, 4) kemampuan dalam menjelaskan konsep-konsep sebelum tindakan 10,34% dan setelah tindakan meningkat 58,62%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa komunikasi matematika dapat ditingkatkan melalui strategi pembelajaran cooperative script pada siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komunikasi, lisan, menulis, menggambar, konsep, cooperative script |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 02 Apr 2013 12:10 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 22:46 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23436 |
Actions (login required)
View Item |