Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Fkip Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan Tahun 2009 Ditinjau Dari Latar Belakang Keluarga Mahasiswa Yang Berbeda

Pujiyati, Pujiyati and , Triastuti Rahayu, S.Si, M.Si (2013) Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Fkip Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan Tahun 2009 Ditinjau Dari Latar Belakang Keluarga Mahasiswa Yang Berbeda. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (624kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (532kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latar belakang keluarga terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2009. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2009. Sampel diambil sebanyak 54 mahasiswa dengan teknik random sampling secara undian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana, uji keberartian regresi linear sederhana (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier sederhana (uji t). Berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung< ttabel (0, 251 < 2,008) dan uji F diperoleh nilai Fhitung< Ftabel (0,063<4, 026). Pengaruh latar belakang keluarga terhadap IPK adalah 0,1 % sedangkan sisanya 99,9% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Analisis data diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,001. Kesimpulan penelitian ini adalah tidak ada pengaruh latar belakang keluarga mahasiswa terhadap prestasi belajar Mahasiswa FKIP Biologi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan tahun 2009.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar, latar belakang keluarga
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Apr 2013 12:05
Last Modified: 03 Nov 2021 19:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23435

Actions (login required)

View Item View Item