Prihantini, Yuli and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2013) Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Dan Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Strategi React Berbasis Nht (PTK Bagi Siswa Kelas X BU3 Semester Genap SMK Negeri 4 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
Hal_depan_skripsi.pdf Download (859kB) |
|
|
PDF (Bab I)
bab_I.pdf Download (158kB) |
|
PDF (Bab II)
bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
||
PDF (Bab III)
bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
||
PDF (Bab IV)
bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) |
||
PDF (Bab V)
bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_pustaka.pdf Download (153kB) |
|
|
PDF (Naskah publikasi)
Naskah_publikasi.pdf Download (666kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan kreatis siswa pada materi sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dan kuadrat setelah dilakukan tindakan dengan strategi REACT berbasis NHT. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penerima tindakan adalah kelas X BU3 SMK N 4 Surakarta tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 36 siswa, dan subyek pelaksanaan tindakan adalah guru matematika kelas X BU3 SMK N 4 Surakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, wawancara dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, penyajian data, kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berfikir kritis dan kreatif siswa pada materi sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dan kuadrat. Hal tersebut terlihat dari 1) Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah sebelum dilakukan tindakan 16,67% dan setelah tindakan menjadi 83,3%. 2) Kemampuan siswa dalam menarik suatu kesimpulan yang sebelum tindakan 8,33% dan setelah tindakan menjadi 77,7%. 3) Kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat sebelum dilakukan tindakan 2,78% dan setelah tindakan menjadi 55,5%. 4) Kemampuan siswa dalam membuat soal sebelum dilakukan tindakan 11,1% dan setelah tindakan menjadi 77,6%. 5) Kemampuan dalam menjawab soal dengan cara lain sebelum dilakukan tindakan ada 30,5% dan setelah tindakan menjadi 83,3%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kritis, kreatif, strategi kooperatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 02 Apr 2013 11:39 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 22:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23431 |
Actions (login required)
View Item |