Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Dan Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Strategi React Berbasis Nht (PTK Bagi Siswa Kelas X BU3 Semester Genap SMK Negeri 4 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013)

Prihantini, Yuli and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2013) Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Dan Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Strategi React Berbasis Nht (PTK Bagi Siswa Kelas X BU3 Semester Genap SMK Negeri 4 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Hal_depan_skripsi.pdf

Download (859kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab_I.pdf

Download (158kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] PDF (Bab V)
bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_pustaka.pdf

Download (153kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
Naskah_publikasi.pdf

Download (666kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan kreatis siswa pada materi sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dan kuadrat setelah dilakukan tindakan dengan strategi REACT berbasis NHT. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penerima tindakan adalah kelas X BU3 SMK N 4 Surakarta tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 36 siswa, dan subyek pelaksanaan tindakan adalah guru matematika kelas X BU3 SMK N 4 Surakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, wawancara dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, penyajian data, kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berfikir kritis dan kreatif siswa pada materi sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dan kuadrat. Hal tersebut terlihat dari 1) Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah sebelum dilakukan tindakan 16,67% dan setelah tindakan menjadi 83,3%. 2) Kemampuan siswa dalam menarik suatu kesimpulan yang sebelum tindakan 8,33% dan setelah tindakan menjadi 77,7%. 3) Kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat sebelum dilakukan tindakan 2,78% dan setelah tindakan menjadi 55,5%. 4) Kemampuan siswa dalam membuat soal sebelum dilakukan tindakan 11,1% dan setelah tindakan menjadi 77,6%. 5) Kemampuan dalam menjawab soal dengan cara lain sebelum dilakukan tindakan ada 30,5% dan setelah tindakan menjadi 83,3%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kritis, kreatif, strategi kooperatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 02 Apr 2013 11:39
Last Modified: 27 Oct 2021 22:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23431

Actions (login required)

View Item View Item