Astuti, Indra Puji and , Masduki, S.Si, M.Si (2013) Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Student Facilitator And Explaining Dan Stad Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa(Penelitian Eksperimen pada Kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
COVER-INTISARI.pdf Download (228kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (17kB) |
|
|
PDF (NAskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (140kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (904kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji: (1) pengaruh metode Student Facilitator and Explaining dan STAD terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) interaksi antara metode pembelajaran dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Surakarta tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah 226 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 65 siswa yang terdiri dari 33 siswa kelas Student Facilitator and Explaining dan 32 siswa kelas STAD yang dilakukan dengan Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah dengan metode angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis variansi dua jalan dengan frekuensi sel tidak sama. Sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian untuk α = 5% adalah: (1) tidak ada pengaruh metode pembelajaran (Student Facilitator and Explaining dan STAD) terhadap hasil belajar matematika, (2) ada pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) tidak ada interaksi antara metode pembelajaran (Student Facilitator and Explaining dan STAD) dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas belajar, hasil belajar, metode STAD, metode Student Facilitator and Explaining |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 02 Apr 2013 11:16 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 22:35 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23427 |
Actions (login required)
View Item |