Efek Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS) Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar di SD Negeri Banyuanyar III Kota Surakarta Tahun 2012

Noviyani., Raisita Endah Dwi (2013) Efek Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS) Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar di SD Negeri Banyuanyar III Kota Surakarta Tahun 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (NAskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (304kB)
[img]
Preview
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (711kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendahuluan : Salah satu program perbaikan gizi bagi anak sekolah yaitu diberikannya PMT-AS. Hasil nilai semester I siswa SD Negeri Banyuanyar III tahun pelajaran 2011/2012 menunjukkan bahwa dari 270 siswa yang mempunyai nilai Bahasa Indonesia tidak baik sebesar 25,9%, nilai Matematika yang tidak baik sebesar 28,5%, dan nilai IPA yang tidak baik sebesar 14,8%. Tujuan : Diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Sekolah Dasar Banyuanyar III melalui program Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah. Metode penelitan : Jenis penelitian adalah kuantitatif dan kualitatif. Jenis penelitian ini bersifat pra experimental dengan rancangan one group pretest-postest design. Uji perbedaan dengan Wilcoxon. Hasil : Efek PMT-AS terhadap peningkatan prestasi belajar (Bahasa Indonesia) (p=0,284). Perbedaan prestasi belajar setelah PMT-AS bukan peningkatan melainkan penurunan prestasi belajar (Matematika) (p=0,013). Efek PMT-AS terhadap peningkatan prestasi belajar (IPA) (p=0,000). Kesimpulan : Tidak ada efek PMT-AS terhadap peningkatan prestasi belajar (Bahasa Indonesia) di SD Negeri Banyuanyar III kota Surakarta tahun 2012. Terdapat perbedaan prestasi belajar setelah PMT-AS namun, perbedaan ini bukan peningkatan melainkan penurunan prestasi belajar (Matematika). Terdapat efek PMT-AS terhadap peningkatan prestasi belajar (IPA) di SD Negeri Banyuanyar III kota Surakarta tahun 2012.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PMT-AS, Prestasi Belajar, dan anak SD
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 01 Apr 2013 11:20
Last Modified: 09 Sep 2022 06:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23408

Actions (login required)

View Item View Item