Hubungan Lingkar Lengan Atas (LILA),Kadar Hemoglobin (Hb) dan Frekuensi Antenatal Care (ANC) Dengan Berat Bayi Lahir di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta

Andarbeni, Dina Puspita and , Siti Zulaekah, A., M.Si and , Toto Suharto, SKM., M.Kes. (2013) Hubungan Lingkar Lengan Atas (LILA),Kadar Hemoglobin (Hb) dan Frekuensi Antenatal Care (ANC) Dengan Berat Bayi Lahir di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendahuluan : Salah satu pengukuran status gizi adalah pengukuran LILA dan kadar hemoglobin. Berat bayi lahir dapat dipengaruhi oleh LILA, kadar Hb dan frekuensi antenatal care. Ibu KEK risiko melahirkan bayi dengan BBLR tinggi, selain itu BBLR juga dapat dipengaruhi oleh kadar hemoglobin ibu rendah. Asupan zat besi yang kurang bisa menyebabkan anemia. Frekuensi antenatal care juga dapat mempengaruhi berat bayi lahir karena antenatal care dapat mendeteksi secara dini komplikasi terjadinya penyakit pada ibu hamil sehingga dapat segera teratasi bila ada komplikasi atau penyakit pada ibu hamil. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara lingkar lengan atas, kadar hemoglobin dan frekuensi antenatal care dengan berat bayi lahir di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel penelitian sebanyak 30 responden yang sesuai dengan kriteria inklusi. Data lingkar lengan atas, kadar hemoglobin dan berat bayi lahir diperoleh dari catatan rekam medik sedangkan data frekuensi antenatal care diperoleh dari catatan buku KIA. Uji statistik yang digunakan adalah uji pearson product moment. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan 93,3% ibu tidak KEK, 50% anemia, 96,7% mempunyai frekuensi antenatal tergolong baik dan 80% bayi lahir normal. Hasil uji hubungan antara lingkar lengan atas dengan berat bayi lahir nilai p = 0,487. Hasil uji hubungan antara kadar hemoglobin terhadap berat bayi lahir diperoleh nilai p sebesar 0,698. Hasil uji hubungan antara frekuensi antenatal care dengan berat bayi lahir diperoleh nilai p = 0,296. Kesimpulan : Tidak ada hubungan lingkar lengan atas, kadar hemoglobin dan frekuensi antenatal care dengan berat bayi lahir di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: lingkar lengan atas, kadar hemoglobin, frekuensi antenatal care, berat bayi lahir
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 01 Apr 2013 10:59
Last Modified: 09 Sep 2022 06:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23405

Actions (login required)

View Item View Item