Komparasi Uji Kadar Protein Dan Organoleptik Mie Basah Dari Tepung Terigu (Mie Ayam Yang Ada Di Pasaran) Dan Tepung Biji Nangka (Artocarpus Heterophyllus)

Fitriani, Diah Ayu and , Drs. Haryono, M.Pd and , Dra. Tuti Rahayu, M.Pd (2013) Komparasi Uji Kadar Protein Dan Organoleptik Mie Basah Dari Tepung Terigu (Mie Ayam Yang Ada Di Pasaran) Dan Tepung Biji Nangka (Artocarpus Heterophyllus). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (740kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (968kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (269kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kadar protein dan organoleptik mie basah dari tepung terigu (mie ayam yang ada di pasaran) dan mie basah dari tepung biji nangka (Artocarpus heterophyllus). Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan rancangan penelitian Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan satu faktor, yaitu : tepung dengan 2 taraf perlakuan, antara lain : tepung terigu (mie ayam yang ada di pasaran) dan tepung biji nangka. Hasil penelitian, antara lain : 1) kadar protein, kadar protein mie basah dari tepung terigu (mie ayam yang ada di pasaran) adalah 10,54% dan kadar protein mie basah dari tepung biji nangka adalah 4,13%. Sehingga, dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara mie basah dari tepung terigu dengan mie basah dari tepung biji nangka. 2) uji organoleptik : a) tekstur, dari segi tekstur mie basah dari tepung terigu (mie ayam yang ada di pasaran) dengan mie basah dari tepung biji nangka memiliki tekstur yang samasama kenyal, sehingga tidak ada perbedaan. b) warna, dari segi warna mie basah dari tepung terigu (mie ayam yang ada di pasaran) dengan mie basah dari tepung biji nangka memiliki warna bagus dan sangat bagus, sehingga terdapat perbedaan. c) aroma, dari segi aroma mie basah dari tepung terigu (mie ayam yang ada di pasaran) dengan mie basah dari tepung biji nangka memiliki aroma yang samasama tidak langu, sehingga tidak ada perbedaan. d) rasa, dari segi rasa mie basah dari tepung terigu (mie ayam yang ada di pasaran) dengan mie basah dari tepung biji nangka memiliki rasa yang sama-sama gurih, sehingga tidak ada perbedaan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: mie basah tepung terigu, tepung biji nangka, kadar protein, organoleptik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 01 Apr 2013 07:25
Last Modified: 03 Nov 2021 19:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23394

Actions (login required)

View Item View Item