Peningkatan Hasil Belajar Biologi Dengan Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas VIIF SMPN 3 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013

Nurhalimah, Fitriana and , Drs. Djumadi, M.Kes (2013) Peningkatan Hasil Belajar Biologi Dengan Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas VIIF SMPN 3 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (594kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (143kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (121kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)
[img]
Preview
PDF ( Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (694kB)

Abstract

Strategi pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) adalah strategi pembelajaran yang lebih mengedepankan kepada aktivitas siswa dalam mencari, mengolah, dan melaporkan informasi dari berbagai sumber yang akhirnya dipresentasikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII F SMPN 3 Sawit Boyolali tahun ajaran 2012/2013 dengan strategi NHT (Numbered Heads Together). Jenis Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi dengan menggunakan strategi pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif (reduksi data, penyajian data dan penarikan makna).Setelah tindakan dengan dua siklus diperoleh hasil sebagai berikut : siswa yang memperhatikan guru sebanyak 26 siswa (83,87%), siswa yang bertanya 15 siswa (48,38%), siswa yang berpendapat atau menjawab pertanyaan ada 14 siswa (45,16%), dan siswa yang mengerjakan tugas latihan di rumah ada 31 siswa (100%). Selain itu diperoleh hasil belajar siswa yang tuntas KKM ≥ 75 ada 24 siswa (77,41%) dengan rata-rata kelas 77,96. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIF SMPN 3 Sawit Boyolali pada materi ekosistem.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, strategi NHT (Numbered Heads Together)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 01 Apr 2013 07:14
Last Modified: 03 Nov 2021 19:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23392

Actions (login required)

View Item View Item