Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Media Foto Idola Pada Siswa Kelas VII.8 SMP Negeri 2 Masaran

Yuliana, Arum and , Prof. Dr. Abdul Ngalim, M.M, M.Hum (2013) Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Media Foto Idola Pada Siswa Kelas VII.8 SMP Negeri 2 Masaran. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (467kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (61kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (117kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_JURNAL_PUBLIKASI.pdf

Download (574kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan hasil peningkatan keterampilan menulis narasi setelah menggunakan foto idola dan untuk meningkatkan proses pembelajaran menulis narasi pada siswa kelas VII.8 SMP Negeri 2 Masaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung dua siklus.Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Sebyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.8 SMP Negeri 2 Masaran yang berjumlah 31 siswa.Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, kuisioner, dan tes.Teknik analisis data menggunakan teknik tabulasi data secara kualitatif berdasarkan hasil tindakan yang dilaksanakan tiap siklus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kualitas proses pembelajaran menulis narasi setelah diadakan tindakan kelas dengan menggunakan media foto idola. Hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Selain itu, ada peningkatan keterampilan menulis narasi setelah diadakan kelas dengan menggunakan media foto idola.Hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya keterampilan menulis narasi siswa sebelum dan sesudah tindakan. Pada siklus pertama ada peningkatan keterampilan menulis narasi dari rata-rata 60,95 menjadi 73,37 dengan ketuntasan klasikal 67,74 % dan pada siklus kedua ada peningkatan keterampilan menulis narasi dari rata-rata 73,37 menjadi 76,6 dengan ketuntasan klasikal 83,87%. Dengan demikian dengan media foto idola dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kels VII.8 SMP Negeri 2 Masaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan, menulis, narasi, media, foto idola
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Mar 2013 06:57
Last Modified: 30 Oct 2021 22:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23329

Actions (login required)

View Item View Item