Kiswati, Tarti and , Dr. Markhamah, M. Hum., and , Dr. Muhammad Rohmadi, M, Hum. (2013) Pemetaan Butir Soal Dalam Rangka Mencapai Tujuan Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMK Muhammadiyah Baturetno. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (375kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (27kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Registered users only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (709kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemetaan butir soal, mendeskripsikan validitas butir soal, dan ketercapaian tujuan pembelajaran butir soal UAS gasal mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X SMK Muhammadiyah Baturetno. Objek pada penelitian ini adalah lembar soal, kunci jawaban, dan lembar jawaban siswa. Data diperoleh dengan teknik dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan penghitungan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa butir soal UAS gasal mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X SMK Muhammadiyah Baturetno memiliki kesesuaian terhadap SK dan KD, dalam persebaran soal terdapat 17 butir soal memiliki relevansi langsung terhadap Standar kompetensi dan Kompetensi Dasar dan 28 butir soal tidak memiliki relevansi langsung terhadap Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Pada penghitungan validitas pada signifikasi 5% hanya terdapat 16 butir soal valid dan 38 butir soal tidak valid. Pada ketercapaian tujuan pembelajaran terdapat 23 butir soal telah sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Yang dimaksud tercapai adalah hasil persentase ketercapaian tujuan pembelajaran berada di atas 60%. Yang dimaksud belum tercapai adalah hasil persentase ketercapaian berada di bawah 60%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemetaan butir soal, validitas, ketercapaian tujuan pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 26 Mar 2013 06:02 |
Last Modified: | 30 Oct 2021 22:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23319 |
Actions (login required)
View Item |