Analisis Deiksis pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas X Otomotif SMK Muhammadiyah Kartasura Tahun Pelajaran 2012/2013

Anisfak, Kholifatun and , Drs. Yakub Nasucha, M.Hum. (2013) Analisis Deiksis pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas X Otomotif SMK Muhammadiyah Kartasura Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (406kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (77kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (557kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Menjelaskanjenis dan wujuddeiksis dalam karangan deskripsi siswakelas X Otomotif SMK Muhammadiyah Kartasura, dan (2) Mendeskripsikan jenis dan wujud deiksis yang dominan muncul dalam karangan deskripsi siswa kelas X Otomotif SMK Muhammadiyah Kartasura. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif.Objek penelitian ini adalah deiksis yang terdapat dalam karangan deskripsi siswa kelas X Otomotif SMK Muhammadiyah Kartasura. Adapun sumber data primer dalam penelitian ini berupa karangan deskripsi siswa kelasX Otomotif SMK Muhammadiyah Kartasura.Sumber data sekunder menggunakan hasil-hasil penelitian terdahulu serta referensi-referensi yang mendukung penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik simak, dan catat. Teknik validitas data dalam penelitian ini yaitu menggunakan trianggulasi teori.Adapun analisis datanya yaitu metode padan referensial. Hasil penelitian yang menjelaskan jenis dan wujud deiksis dalam karangan deskripsi kelas X Otomotif SMK Muhammadiyah Kartasura terdapat 5 jenis dan bentuk deiksis yaitu pertama, deiksis persona terdiri dari persona pertama tunggal, jamak; persona kedua tunggal, jamak; persona ketiga tunggal, jamak; kedua, deiksis tempat (lokasional) yaitu tempat yang dekat dengan penutur, yang agak dekat atau jauh dari penutur, tempat yang jauh dari penutur, yang menunjukan secara eksplisit; ketiga, deiksis waktu (temporal) terdiri dari waktu kini, waktu lampau, waktu yang akan datang, waktu netral; keempat, deiksis wacana yaitu bentuk anafora dan bentuk katafora; kelima, deiksis sosial. Sedangkan Deiksis yang dominan muncul dalam karangan deskripsi siswa kelas x Otomotif SMK Muhammadiyah Kartasura dalam analisis di atas terdapat deiksis persona ada 187 data yang terdiri dari persona pertama tunggal 114 data, persona pertama jamak 61 data, persona kedua tunggal 2 data, persona kedua jamak tidak ditemukan, persona ketiga tunggal 9 data, persona ketiga jamak tidak ditemukan. Deiksis tempat terdapat 55 data yang terdiri dari tempat yang dekat dengan penutur ada 4 data, tempat agak dekat atau agak jauh dengan penutur 6 data, tempat yang jauh dengan penutur 15 data, tempat yang menunjuk secara eksplisit 29 data. Deiksis waktu terdapat 17 data yaitu waktu kini 2 data, waktu lampau tidak terdapat, waktu yang akan datang 3 data, waktu netral 12 data. Deiksis wacana 7 data meliputi bentuk anafora 2 data, bentuk katafora 5 data. Deiksis sosial terdapat 9 data. Dalam penelitian ini ada 1 siswa yang mengunakan sudut pandang orang ketiga (Dia).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pragmatik, Deiksis, Karangan Deskripsi.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 25 Mar 2013 11:02
Last Modified: 30 Oct 2021 21:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23296

Actions (login required)

View Item View Item