Realisasi Kesantunan Berbahasa Pada Percakapan Siswa Dengan Guru Di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta

Riyanto, Udik and , Prof. Dr. Abdul Ngalim, M.M, M.Hum (2013) Realisasi Kesantunan Berbahasa Pada Percakapan Siswa Dengan Guru Di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (501kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (174kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (164kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (453kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan realisasi bentuk kesantunan berbahasa pada percakapan siswa dengan guru di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. (2) Mendeskripsikan penyimpangan-penyimpangan prinsip kesopanan yang diucapkan oleh siswa dengan guru di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dan analisisnya datanya berupa deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah siswa dan guru di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. Data penelitian ini berupa tuturan pada percakapan siswa dengan guru. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode simak catat dan wawancara. Hasil penelitian realisasi kesantunan berbahasa yang dituturkan siswa saat bercakapan dengan guru di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta terdapat kategori sangat tidak santun dan tidak santun, karena dalam tuturan siswa banyak terdapat tuturan yang kasar, menyakitkan hati, mengolok-olok dan membantah dengan kata-kata kasar. Penyimpangan dan pelangggaran prinsip sopan santun pada tuturan siswa saat bercakapan dengan guru terdeapat beberapa pelanggaran diantaranya adalah: (1) Maksim kebijaksanaan/kearifan terdapat 5 pelanggaran, (2) Maksim kedermawanan/penerimaan terdapat 6 pelanggaran, (3) Maksim kemurahan/ pujian terdapat 5 pelanggaran, (4) Maksim kerendahan hati terdapat 1 pelanggaran, (5) Maksim kesepakatan/kecocokan terdapat 2 pelanggaran, dan (6) Maksim simpati terdapat 1 pelanggaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kesantunan berbahasa, prinsip sopan santun
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Mar 2013 10:30
Last Modified: 30 Oct 2021 21:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23294

Actions (login required)

View Item View Item