Riyanto, Udik and , Prof. Dr. Abdul Ngalim, M.M, M.Hum (2013) Realisasi Kesantunan Berbahasa Pada Percakapan Siswa Dengan Guru Di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (501kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (174kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (164kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (453kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan realisasi bentuk kesantunan berbahasa pada percakapan siswa dengan guru di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. (2) Mendeskripsikan penyimpangan-penyimpangan prinsip kesopanan yang diucapkan oleh siswa dengan guru di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dan analisisnya datanya berupa deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah siswa dan guru di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. Data penelitian ini berupa tuturan pada percakapan siswa dengan guru. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode simak catat dan wawancara. Hasil penelitian realisasi kesantunan berbahasa yang dituturkan siswa saat bercakapan dengan guru di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta terdapat kategori sangat tidak santun dan tidak santun, karena dalam tuturan siswa banyak terdapat tuturan yang kasar, menyakitkan hati, mengolok-olok dan membantah dengan kata-kata kasar. Penyimpangan dan pelangggaran prinsip sopan santun pada tuturan siswa saat bercakapan dengan guru terdeapat beberapa pelanggaran diantaranya adalah: (1) Maksim kebijaksanaan/kearifan terdapat 5 pelanggaran, (2) Maksim kedermawanan/penerimaan terdapat 6 pelanggaran, (3) Maksim kemurahan/ pujian terdapat 5 pelanggaran, (4) Maksim kerendahan hati terdapat 1 pelanggaran, (5) Maksim kesepakatan/kecocokan terdapat 2 pelanggaran, dan (6) Maksim simpati terdapat 1 pelanggaran.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kesantunan berbahasa, prinsip sopan santun |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 25 Mar 2013 10:30 |
Last Modified: | 30 Oct 2021 21:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23294 |
Actions (login required)
View Item |