Pemahaman Bahasa Gambar Pada Materi Ajar “Bersama Bahasa” Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Kedunggudel, Kabupaten Ngawi

Muzaidah, Nurul and , Dr. Markhamah, M. Hum., and , Dra. Atiqa Sabardila, M. Hum. (2013) Pemahaman Bahasa Gambar Pada Materi Ajar “Bersama Bahasa” Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Kedunggudel, Kabupaten Ngawi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (332kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (160kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memaparkan pemahaman anak terhadap bahasa gambar pada materi ajar “Bersama Bahasa” di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Kedunggudel, Kabupaten Ngawi, (2) faktor yang berpengaruh terhadap pemahaman anak. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Objek penelitian ini adalah pemahaman anak terhadap bahasa gambar pada materi ajar “Bersama Bahasa” di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kedunggudel, Kabupaten Ngawi dan faktor pemahaman anak. Metode pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data interaktif dengan tiga aktivitas yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasar data-data yang telah dihimpun, peneliti memperoleh kesimpulan bahwa dari 10 anak kelompok B TK Aisyiyah Kedunggudel Utara yang diteliti, diketahui bahwa 8 anak dikategorikan bisa dalam memahami bahasa gambar yang terdapat pada materi ajar “Bersama Bahasa” dan 2 anak yang kurang memahami bahasa gambar. Faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman anak terdapat dua faktor. Dua faktor yang mempengaruhi pemahaman yaitu faktor intern anak dan faktor ekstern anak. Adapun faktor intern anak meliputi: kesehatan anak, pengetahuan anak, dan perhatian anak. Adapun, faktor ekstern anak meliputi dua hal yaitu faktor keluarga dan faktor sekolah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Materi ajar “Bersama Bahasa”, Pemahaman anak, Faktor yang berpengaruh pemahaman anak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Mar 2013 08:55
Last Modified: 30 Oct 2021 21:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23292

Actions (login required)

View Item View Item