Penggunaan Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kedawung Kabupaten Sragen Tahunpelajaran 2011/2012

Lestari, Ika Puji and , Prof. Dr. Markhamah, M.Hum. and , Prof. Dr. Abdul Ngalim, M.Hum (2013) Penggunaan Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kedawung Kabupaten Sragen Tahunpelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (672kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (241kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) jenis-jenis metode pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar Bahasa indonesia pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kedawung Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013;2)Alasan guru dalam memilih metode pembelajaran dalam mengajar Bahasa Indonesia pada anak kelas VII SMP Negeri 1 Kedawung Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012; 3). Kendala yang dirasakan oleh guru dalam penerapan metode pembelajaran Bahasa Indonesia pada anak kelas VII SMP Negeri 1 Kedawung Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012.Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas VI SMP Negeri 1 Kedawung Sragen tahun pelajaran 2011/2012. Dalam pengumpulan data, metode yang dipergunakan wawancara, observasi,dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model induktif interaktif. Adapun hasil penelitian ini adalah 1) Dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia dikelas parallel di SMP Negeri 1 Kedawung dengan menggunakan proses pembelajaran yang aktif yaitu menggunakan metode diskusi, tanya jawab,pemodelan dan penugasan . Dalam proses ini peserta didik mengalami keterlibatan intelektual ,emosional disamping keterlibatan fisiknya.2) Dalam metode pembelajaran yang aktif ini siswa dapat belajar langsung tentang materi yang dipelajari,siswa dapat bekerja sama dengan siswa lain dalam hal pengetahuan tentang materi yang dipelajari,dan siswa dapat mengungkapkan alasannya mengapa memilih jawaban.3)Dalam penerapan pembelajaran di SMP negeri 1 Kedawung kendalanya selain dari siswa juga dirasakan oleh guru.Dari siwa seperti kesibukan orang tua,dan minimnya buku-buku bacaan diperpustakaan. Dari guru seperti hilangnya waktu mengajar,sulitnya mengevaluasi karena kondisi siswa,pemilihan media tidak sesuai dengan kondisi siswa dan hilangnya minat belajar siswa mengenai bahasa Indonesia.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran, bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Mar 2013 07:19
Last Modified: 29 Oct 2021 03:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23289

Actions (login required)

View Item View Item