Upaya Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Media Teks Wawancara Pada Siswa Kelas VII SMP Islam Sjarbini Gesi Sragen Tahun Ajaran 2012/2013

Suparyanto, Eko Kristiana and , Dra. Atiqa Sabardila, M. Hum. and , Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum. (2013) Upaya Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Media Teks Wawancara Pada Siswa Kelas VII SMP Islam Sjarbini Gesi Sragen Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (786kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (73kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (367kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kualitas proses pembelajaran menulis karangan narasi dan memaparkan hasil belajar siswa selama proses menulis karangan narasi melalui media teks wawancara pada siswa kelas VII SMP Islam Sjarbini Gesi Sragen. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis karangan narasi, sedangkan variable tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah media teks wawancara. Bentuk penelititan ini adalah penelitian tindakan kelas berlangsung dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi atau refleksi. Subjek dari peneletian ini adalah siswa kelas VII SMP Islam Sjarbini Gesi Sragen yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi teknik dan uji validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan model analisis interaktif mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan yang pertama bahwa ada peningkatan kualitas proses pembelajaran menulis karangan narasi setelah diadakan tindakan kelas menggunakan media teks wawancara dengan hasil meningkatnya keaktifan siswa dan keseriusan siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis karangan narasi. Kedua ada peningkatan kemampuan menulis karangan narasi yaitu meningkatnya keaktifan siswa setelah diadakan tindakan kelas dengan media teks wawancara. Hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan menulis karangan narasi siswa sebelum dan sesudah tindakan. Pada siklus I ada peningkatan kemampuan menulis karangan narasi dari rata-rata 69,9 menjadi 70,3 dengan ketuntasan klasikal 62,5% dan pada siklus II ada peningkatan kemampuan menulis karangan narasi dari rata-rata 70,3 menjadi 77,21 dengan ketuntasan klasikal 83,33%. Dengan demikian, media teks wawancara dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Islam Sjarbini Gesi Sragen Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: karangan narasi, media teks wawancara
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Mar 2013 07:03
Last Modified: 29 Oct 2021 03:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23287

Actions (login required)

View Item View Item