Putri, Adita Septie Anneke and , Drs. Slamet HW, M.Pd (2013) Peningkatan Kepercayaan Diri Dan Kerja Keras Siswa Dalam Mengerjakan Soal Matematika Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Melalui Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (PTK kelas VIII-A Semester 1 SMP Penda Tawangmangu). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
2.HALAMAN_DEPAN.pdf Download (406kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf Download (120kB) |
|
PDF (Bab II)
4.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
||
PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
||
PDF (Bab IV)
6.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
||
PDF (Bab V)
7.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (88kB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (284kB) |
|
PDF (Lampiran)
9.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kerja keras siswa kelas VIII-A SMP Penda Tawangmangu pada Semester I tahun pelajaran 2012/2013 dalam mengerjakan soal matematika melalui pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII-A SMP Penda Tawangmangu berjumlah 36 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dibantu dengan guru matematika. Metode pengumpulan data melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kepercayaan diri dan kerja keras siswa dalam mengerjakan soal matematika pokok bahasan teorema pythagoras melalui pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Hal ini dapat dilihat dari (1) peningkatan kepercayaan diri siswa melalui indikator-indikator, yaitu: a) kepercayaan diri siswa dalam mengerjakan soal di depan kelas sebelum putaran 22,22%, dan setelah putaran III 63,89%, b) kepercayaan diri siswa dalam mengemukakan ide/gagasan sebelum putaran 16,67%, dan setelah putaran III 61,11%, dan c) kepercayaan diri siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum putaran 11,11%, dan setelah putaran III 61,11%. (2) Peningkatan kerja keras siswa melalui indikator-indikator, yaitu: a) siswa dalam mengerjakan soal individu dengan nilai ≥ 60 kondisi awal sebelum putaran 44,44%, dan setelah putaran III 88,89%, dan b) siswa dalam mengerjakan soal kelompok dengan nilai ≥ 60 kondisi awal sebelum putaran 41,67%, dan setelah putaran III 88,89%, dan c) siswa dalam mengerjakan PR dengan nilai ≥ 60 kondisi awal sebelum putaran 38,89%, dan setelah putaran III 94,44%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kepercayaan diri, kerja keras, Contextual Teaching and Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 22 Mar 2013 12:16 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 22:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23281 |
Actions (login required)
View Item |