Alkhasanah, Nuraini and , Masduki, S.Si, M.Si (2013) Upaya Peningkatan Kreativitas Memecahkan Masalah Melalui Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Siswa Kelas Viii SMP Negeri 1 Teras. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
halaman_depan_(cover-abstrak).pdf Download (382kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (108kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (96kB) |
|
|
PDF (Naskah publikasi)
naskah_publikasi.pdf Download (202kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan mendiskripsikan peningkatan kreativitas memecahkan masalah setelah menggunakan strategi pembelajaran PBL. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Teras yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari analisis data, penyajian data, dan verivikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas memecahkan masalah pada siswa dalam pembelajaran matematika tentang keliling dan luas lingkaran. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa dapat menemukan masalah yang diajukan dalam bentuk pertanyaan kepada guru maupun siswa lain sebelum tindakan 8,82% dan sesudah tindakan 53,33%, menemukan jawaban dari pertanyaan yang diajukan guru maupun siswa lain sebelum tindakan 11,76% dan sesudah tindakan 53,33%, menemukan solusi permasalahan dari guru sebelum tindakan 24,47% dan sesudah tindakan 86,67%, serta mengungkapkan ide atau gagasan sebelum tindakan 11,76% dan sesudah tindakan 63,33%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kreativitas memecahkan masalah pada siswa dalam pembelajaran matematika tentang keliling dan luas lingkaran.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kreativitas memecahkan masalah, Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 22 Mar 2013 12:06 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 22:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23279 |
Actions (login required)
View Item |