Widyasari, Dian and , Dr. Sumardi, M.Si (2013) Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas Vii B SMP Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (708kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (99kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (310kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (38kB) |
|
|
PDF (Naskah publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (349kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika melalui pembelajaran Problem Based Learning bagi siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Sawit. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Sawit yang berjumlah 32 siswa dan subyek pemberi tindakan adalah peneliti dibantu guru matematika SMP Negeri 3 Sawit. Metode pengumpulan data menggunakan metode pokok (observasi dan tes) dan metode bantu (catatan lapangan dan dokumentasi). Keabsahan data dilakukan dengan observasi terus menerus, triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data dengan metode alur yaitu terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Sawit melalui pembelajaran Problem Based Learning. Adapun hasil penelitian keaktifan belajar matematika siswa dapat dilihat dari indikator: a) siswa yang aktif dalam pembelajaran sebelum tindakan menjadi 31,25% setelah tindakan 78,12%. b) siswa yang mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 15,63% setelah tindakan menjadi 75,00%. c) siswa yang mempresentasikan jawaban soal latihan sebelum tindakan 25,00% setelah tindakan menjadi 81,25%. Adapun hasil penelitian hasil belajar matematika siswa dapat dilihat dari indikator: siswa yang mendapat nilai ≥ KKM sebelum tindakan 18,75% setelah tindakan menjadi 78,12%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan, hasil belajar, pembelajaran Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 22 Mar 2013 11:39 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 22:26 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23277 |
Actions (login required)
View Item |