Optimalisasi Strategi Pembelajaran Siklus Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Prestasi Belajar Matematika (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII C SMP N 3 Colomadu )

Murni, Etika Nomita and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. (2013) Optimalisasi Strategi Pembelajaran Siklus Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Prestasi Belajar Matematika (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII C SMP N 3 Colomadu ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (595kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (151kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (113kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (700kB)
[img] PDF (Lapiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar matematika dengan menerapkan strategi pembelajaran siklus. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIC SMP Negeri 3 Colomadu yang berjumlah 31 siswa dan subjek pemberi tindakan adalah peneliti yang berkolaborasi dengan guru matematika. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan terdiri dari tiga alur, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian siswa dan prestasi belajar matematika melalui strategi pembelajaran siklus. Hal ini dapat dilihat indikator – indikator, seperti : 1) Memiliki rasa tanggung jawab sebelum dilakukan tindakan sebesar 32,3% dan setelah tindakan mencapai 74,1%, 2) Tidak tergantung pada orang lain sebelum dilakukan tindakan sebesar 22,6% dan setelah tindakan mencapai 87,09%, 3) Memilki rasa ingin tahu yang besar sebelum dilakukan tindakan sebesar 29,1% dan setelah tindakan mencapai 80,6%, 4) Percaya diri sebelum dilakukan tindakan sebesar 25,8 dan setelah tindakan mencapai 61,29%. Selain itu, prestasi belajar matematika sebelum dilakukan tindakan sebesar 41,9% dan setelah tindakan mencapai 83,87%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran siklus dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran siklus, kemandirian, prestasi belajar matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 22 Mar 2013 11:20
Last Modified: 27 Oct 2021 22:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23269

Actions (login required)

View Item View Item