KUSUMAWATI, DESI (2013) Peningkatan Ketrampilan Menulis Deskripsi Melalui Metode Quantum Writing Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Pajang I No. 93 Kecamatan Laweyan Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf Download (629kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB__I.pdf Download (104kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (626kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (78kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (392kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan ketrampilan menulis deskripsi melalui metode quantum writing pada siswa kelas V SD Negeri Pajang I No. 93 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Tahun Ajaran 2012 / 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah Quantum Writing dengan menerapkan langkah-langkah kepenulisan mandiri. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri Pajang 1 yang berjumlah 46 siswa, subjek pelaku tindakan yaitu guru kelas V. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, tes,wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan teknik analisis interaktif yang meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan ketrampilan menulis deskripsi yang berdampak pula pada peningkatan hasil belajar. Rata-rata ketrampilan menulis deskripsi siswa pra siklus sebesar 47,83%, siklus I sebesar 60,87%, dan siklus II sebesar 82,61%. Sedangkan nilai hasil belajar siswa pra siklus, jumlah siswa yang mencapai KKM sebesar 22 siswa (58,70%), siklus I jumlah siswa yang mencapai KKM sebesar 34 siswa (73,91%), dan siklus II jumlah siswa yang mencapai KKM sebesar 44 siswa (95,65%). Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan motode Quantum Writing dapat meningkatkan ketrampilan menulis deskripsi siswa kelas V SD Negeri Pajang 1 No. 93 Tahun Pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ketrampilan menulis deskripsi, dan quantum writing. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 22 Mar 2013 11:13 |
Last Modified: | 22 Mar 2013 13:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23268 |
Actions (login required)
View Item |