Kurniawati, Erna and , Drs. Suyahman, M.Si., M.H. (2013) Peranan Kegiatan Pramuka Dalam Membangun Jiwa Persatuan Dan Kesatuan (Studi Kasus Madrasah Aliyah Negeri 2 Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (43kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (46kB) |
|
PDF (Lamp[iran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (920kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan kegiatan pramuka dalam membangun jiwa persatuan dan kesatuan (studi kasus Madrasah Aliyah Negeri 2 Boyolali. Penelitian ini untuk mengetahui tentang, (1) pelaksanaan peranan gerakan pramuka, (2) faktor-faktor yang mempengaruhi dalam membangun jiwa persatuan dan kesatuan, (3) peranan kegiatan pramuka dalam membangun jiwa persatuan dan kesatuan studi kasus Madrasah Aliyah Negeri 2 Boyolali. Penelitin ini menggunakan dua macam trianggulasi yaitu sumber data dan teknik pengumpulan data. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan model analisis interaktif yang meliputi; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan di hasilkan simpulan yaitu (1) pelaksanaan dalam membangun jiwa persatuan dan kesatuan diberikan dalam bentuk kegiatan yang menarik, menantang, dan menyenangkan tetapi tetap dalam kaidah pendidikan yang sesungguhnya. Antara lain gotong royong, musyawarah, memperkuat sistem keamanan, mengikuti upacara bendera hari senin, mengikuti kegiatan pramuka, menghargai perbedaan. (2) faktor-faktor yang mempengaruhi dalam membangun jiwa persatuan dan kesatuan yaitu faktor eksternal terdiri lingkungan sekolah, pergaulan siswa itu sendiri. Sedangkan faktor internal yaitu keluarga dan diri pribadi. (3) peran kegiatan pramuka dalam membangun jiwa persatuan dan kesatuan siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Boyolali. Yaitu mempertahankan persatuan dan kesatuan wilayah Indonesia, sanggub dan rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara, mengembangkan rasa cinta tanah air dan bangsa, mengembang rasa bangga berkebangsaan dan bertanah air Indonesia, meningkatkan semangat Bhineka Tuggal Ika, menghindari penonjolan SARA atau perbedaan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kegiatan pramuka, membangun jiwa, persatuan dan kesatuan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Mar 2013 06:56 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 04:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23256 |
Actions (login required)
View Item |