Hanifah, Yuni Umu and , Drs.Nur Chusni, SE., M.Ag and , Dr.Sabar Narimo, M.M., M.Pd. (2013) Pengaruh Kesulitan Belajar Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS Sma Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (344kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (802kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (35kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
||
PDF (Bba III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (558kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.PDF Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh kesulitan belajar dan sumbangan relatif serta sumbangan efektif terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS Sma Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013, 2) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah dan sumbangan relatif serta sumbangan efektif terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS Sma Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013, dan 3) Untuk mengetahui pengaruh kesulitan belajar dan lingkungan sekolah dan sumbangan relatif serta sumbangan efektif terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS Sma Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Metode penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah 144 siswa SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun ajaran 2012/2013. Sampel diambil sebanyak 100siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, koefisien determinasi dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 82,863- 0,88 X1-0,75 X2. Persamaan tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar akuntansi dipengaruhi oleh kesulitan belajar dan lingkungan sekolah, akan tetapi setelah di uji t dan uji F bisa ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) ”Tidak terdapat pengaruh signifikan Kesulitan Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi pada siswakelas XI IPS SMA Negeri 2 SukoharjoTahun Ajaran 2012/2013, dengan thitung = -0,818 < ttabel =1,980 dengan tingkat signifikansi 5% (0,025:99). Signifikansi yang diperoleh 0,538 > 0,05, halini berarti ada dan tidaknya kesulitan belajar tidak akan berpengaruh terhadap hasil belajar akuntansi.” 2) ”Tidak terdapat pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar Akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013, dengan thitung = -0,745 < ttabel = 1,980 dengan tingkat signifikansi 5% (0,025:99). Signifikansi yang diperoleh 0,458> 0,05, hal ini berarti ada dan tidaknya pengaruh lingkungan sekolah tidak akan berpengaruh terhadap hasil belajar akuntansi.” 3) ”Tidak terdapat pengaruh Kesulitan Belajar dan Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar Akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013, dengan ry(1,2)= 0,111 dan r2y(1,2)= 0,12 serta Fhitung = 0,792 <Ftabel =3,09 dengan tingkat signifikansi 5% (2:99) serta signifikansi 0,761 > 0,054). ”Sumbangan Relatif (SR) dari variabel Kebiasaan Belajar terhadap hasil belajar akuntansi adalah sebesar 51,51% dan Lingkungan Sekolah sebesar 48,49%. Sumbangan Efektif (SE) yang diberikan kedua variabel terhadap hasil belajar akuntansi adalah sebesar 12% dimana SE dari Kesulitan Belajar sebesar 6,18% dan Lingkungan Sekolah sebesar 5,82%. Akan tetapi peneliti kurang yakin dengan hasil perhitungan yang ada karena diduga adanya kesalahan proses, salah satunya dalam proses pengisian angket peneliti tidak turut ikut menunggu pengisian angket yang dikarenakan pihak sekolah tidak mengizinkan untuk angket diisi di sekolah karena bisa mengganggu proses KBM.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan Belajar, Lingkungan Sekolah dan Hasil Belajar Akuntansi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Mar 2013 06:36 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 04:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23254 |
Actions (login required)
View Item |