Putri, Tria Selviana Andriani Wahyuni and , Dr.Suyatmini,SE.,M.Si and , Prof.Dr.Yetty Sarjono,M.Si (2013) Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Ditinjau Dari Penggunaan Metode Pembelajaran Dan Fasilitas Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
2._naskah_publikasi.pdf Download (407kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
3._halaman_depan.pdf Download (837kB) |
|
|
PDF (Bba I)
4._BAB_I.pdf Download (163kB) |
|
PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
||
PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) |
||
PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
9._daftar_pustaka.pdf Download (167kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Tujuan dari Penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi; 2) untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi; 3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 250 siswa, sedangkan sampel penelitian sebanyak 146 siswa yang diambil dengan teknik Proporsional Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi ganda, uji t, uji F dan sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Hasil penelitian adalah 1) Penggunaan metode pembelajaran berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 6,323 > 1,977 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000, dengan sumbangan efektif sebesar 35,5%; 2) Fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 7,020 > 1,977 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000, dengan sumbangan efektif sebesar 40%; 3) Penggunaan metode pembelajaran dan fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier berganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 220,521 > 3,059 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,755 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh penggunaan metode pembelajaran dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar, adalah sebesar 75,5 % sedangkan 24,5 % sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan Metode Pembelajaran, Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Mar 2013 06:25 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 04:17 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23253 |
Actions (login required)
View Item |