Haryani, Ririn and , Dr. Sumardi, M.Si (2013) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Dengan Strategi Pembelajaran Tutor Sebaya Bagi Siswa Kelas Viia Smp Negeri 2 Gatak Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (53kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (843kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan penerapan strategi pembelajaran tutor sebaya di kelas VIIA SMPN 2 Gatak Sukoharjo. Penelitian ini termasuk jenis PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek dalam penelitian ini adalah guru dengan siswa kelas VIIA SMPN 2 Gatak Sukoharjo. Siswa sebagai penerima tindakan berjumlah 32 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan metode tes. Teknik analisis data dilakukan dengan metode alur, yaitu meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa siswa pada pokok bahasan bilangan pecahan. Hal ini dapat terlihat dari : 1) Menjawab pertanyaan yang diberikan guru sebelum tindakan 18,75% dan diakir tindakan mencapai 65,63%. 2) Menerangkan materi kepada siswa lain sebelum tindakan 9,38% dan diakir tindakan mencapai 59,38%, 3)Nilai siswa diatas rata-rata kelas sebelum tindakan 31,25% dan diakir tindakan mencapai 87,5%. 4) Nilai siswa yang tuntas ≥ 75 sebelum tindakan 15,63% dan di akhir tindakan 81,25%. Berdasarkan data hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran Tutor Sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tutor Sebaya, Hasil Belajar Siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 21 Mar 2013 07:16 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 22:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23238 |
Actions (login required)
View Item |