Julita, Isnaini and , Drs. Saring Marsudi, S.H. M.Pd and , Dra. Risminawati, M.Pd (2013) Peningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pkn Melalui Strategi Make A Match Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Waru Kecamatan Kebakkramat Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (126kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (535kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
||
|
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (86kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (524kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn dengan menggunakan strategi make a match pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Waru, kecamatan Kebakkramat Tahun ajaran 2012 / 2013. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV yang terdiri dari 19 siswa. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan.. Berdasarkan hasil penelitian melalui strategi make a match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 01 Waru. Berdasarkan pengamatan hasil akhir aktivitas siswa pra siklus, siswa yang mendengarkan penjelasan guru dengan baik sebanyak 4 siswa (21 %) siklus I 10 siswa ( 53 % ), siklus II mengalami peningkatan menjadi 17 siswa ( 89 % ), keberanian menjawab pertanyaan pra siklus 4 siswa ( 21 % ) siklus I 10 siswa ( 53 %), siklus II 15 siswa ( 79 % ), kerjasama kelompok pra siklus 4 siswa ( 21 % ), siklus I 8 siswa ( 42 % ), siklus II 17 siswa ( 89 % ) dan, diskusi kelompok pra siklus 4 siswa ( 21 % ), siklus I 8 siswa ( 42 % ), siklus II 17 siswa ( 89 % ). Sedangkan dilihat dari hasil tes pada pra siklus ketuntasan belajar siswa mencapai 47 % dengen rata – rata kelas 55,78, siklus I 58 % dengan rata – rata kelas 68,94 dan, siklus II 84 % dengan rata – rata kelas 75, 26. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi make a match pada mata pelajaran PKn, ( 1 ) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SD N 01 Waru ( 2 ) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD N 01 waru.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas belajar, hasil belajar, strategi make a match |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 20 Mar 2013 12:22 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 15:26 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23210 |
Actions (login required)
View Item |