Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Dengan Memberikan Umpan Balik Kuis Melalui Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) (Ptk Pada Peserta Didik Kelas Viii H Semester Genap Smp Negeri 2 Banyudono Kab. Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013)

APRILIA, ASNA and , Drs. Ariyanto, M.Pd (2013) Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Dengan Memberikan Umpan Balik Kuis Melalui Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) (Ptk Pada Peserta Didik Kelas Viii H Semester Genap Smp Negeri 2 Banyudono Kab. Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (bab 1)
BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (lampiran)
Lampiran_-_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (naskah publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (720kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar matematika dengan memberikan umpan balik kuis melalui pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL).Penelitian ini termasuk jenis penelitian PTK. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII H SMP Negeri 2 Banyudono dengan jumlah murid 30 peserta didik dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan pendidik matematika kelas VIII H. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan metode tes.Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari proses analisis data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar matematika dapat dilihat dari meningkatnya beberapa indikator motivasi belajar matematika peserta didik dalam hal: a) memperhatikan penjelasan pendidik saat proses pembelajaran berlangsung sebelum tindakan 33,33% dan setelah tindakan 83,33%, b) antusias peserta didik dalam kerja kelompok sebelum tindakan 30% dan setelah tindakan 63,33%, c) antusias peserta didik dalam menjawab kuis yang diberikan pendidik sebelum tindakan 16,67% dan setelah tindakan 66,67%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa dengan menerapkan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan memberikan umpan balik kuis dapat meningkatkan motivasi belajar matematika peserta didik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, Contextual Teaching and Learning (CTL).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 20 Mar 2013 12:12
Last Modified: 27 Oct 2021 21:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23209

Actions (login required)

View Item View Item