Studi Komparasi Antara Strategi Pembelajaran Two Stay Two Stray Dan Strategi Student Team Heroic Leadership Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Al Islam 3 Gebang Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013

Lestari, Eni and , Drs. Suwarno, S.H., M.Pd (2013) Studi Komparasi Antara Strategi Pembelajaran Two Stay Two Stray Dan Strategi Student Team Heroic Leadership Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Al Islam 3 Gebang Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (616kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (154kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (617kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
PUBLIKASI.pdf

Download (889kB)

Abstract

Dalam melakukan proses pembelajaran guru harus menggunakan berbagai strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika antara penerapan strategi Two Stay Two Stray dengan strategi Student Team Heroic Leadership pada siswa kelas V SD Al Islam 3 Gebang Surakarta. (2) Strategi manakah yang lebih antara yang menggunakan strategi Two Stay Two Stray dan strategi Student Team Heroic Leadership pada siswa kelas V SD Al Islam 3 Gebang Surakarta. . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Al Islam 3 Gebang Surakarta. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VA yang dikenai perlakuan dengan menggunakan strategi Student Team Heroic Leadership, sedangkan kelas VB dikenai perlakuan dengan menggunakan strategi Two Stay Two Stray. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis data dengan taraf signifikan 5% diperoleh: (1) Ada perbedaan hasil belajar Matematika antara siswa yang diajar menggunakan strategi Student Team Heroic Leadership dengan siswa yang diajar menggunakan strategi Two Stay Two Stay dapat dibuktikan dengan t hitung > t tabel , yaitu 3.141 > 1.995. (2) Strategi Student Team Heroic Leadership lebih baik daripada strategi Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Al Islam 3 Gebang Surakarta Tahun ajaran 2012/2013. Dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas yang diajar menggunakan strategi Student Team Heroic Leadership lebih tinggi bila dibandingkan dengan kelas yang diajar dengan menggunakan strategi Two Stay Two Stray yaitu 70,25 > 66,69.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi Two Stay Two Stray, strategi Student Team Heroic Leadership, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2013 11:58
Last Modified: 29 Oct 2021 15:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23205

Actions (login required)

View Item View Item