Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Untuk Mengurangi Kecemasan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika (Ptk Pembelajaran Matematika Kelas Viii Semester Gasal Smp Negeri 2 Manyaran Tahun 2012/2013)

WULANDARI, FERIANA and , Drs. Slamet HW, M.Pd (2013) Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Untuk Mengurangi Kecemasan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika (Ptk Pembelajaran Matematika Kelas Viii Semester Gasal Smp Negeri 2 Manyaran Tahun 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (bab 1)
BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN_LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (779kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi kecemasan siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode pembelajaran Problem Solving. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Manyaran yang berjumlah 21 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIII A. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasidan tes.Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya penurunan kecemasan siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode pembelajaran Problem Solving. Hal ini dapat dilihat dari indikator yang meliputi 1) keberanian siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 14,28% dan setelah tindakan 57,14%, 2) keberanian siswa dalam mengemukakan gagasan sebelum tindakan 9,52% dan setelah tindakan 47,61%, 3) keberanian siswa mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 19,05% dan setelah tindakan 66,67%. Hasil tes yang dilakukan di setiap akhir putaran menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang tuntas mendapat nilai ≥ 75, sebelum tindakan 23,80% meningkat menjadi 76,19%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa dengan menerapkan metode pembelajaran Problem Solving dapat menurunkan kecemasan siswa dalam pembelajaran matematika sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecemasan , Problem Solving
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 20 Mar 2013 12:02
Last Modified: 27 Oct 2021 20:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23203

Actions (login required)

View Item View Item