Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Kasus Guru-guru PKn SMP Negeri Sekecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen)

Wardani, Kartika Mega and , Drs. Ahmad Muhibin, M.Si. (2013) Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Kasus Guru-guru PKn SMP Negeri Sekecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (253kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (224kB)
[img] PDF (:Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (680kB)

Abstract

Persepsi tentang posisi guru dalam dunia pendidikan adalah sebagai garda terdepan dan sentral terlaksananya proses pembelajaran, maka berkaitan dengan kinerja guru diperlukan adanya totalitas dan dedikasi sebagai pendidik dan pencetak bekal-bekal sumber daya manusia yang seutuhnya. Mayoritas guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam menyampaikan materi yang begitu banyak, mereka hanya menekan pada ranah kognitif saja, sedangkan ranah afektif dan psikomotorik terabaikan. Oleh karena itu, seorang guru harus mempunyai wawasan yang luas tentang pemilihan strategi pembelajaran, sehingga lebih mudah dalam mencapai tujuan pembelajaran karena strategi pembelajaran merupakan sarana interaksi guru dengan siswa di dalam kegiatan belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui implementasi strategi pembelajaran aktif pada guru-guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri sekecamatan Sidoharjo kabupaten Sragen. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara mendalam. Diharapkan dengan mengimplementasikan strategi pembelajaran aktif dalam kegiatan pembelajaran siswa menjadi lebih aktif dan guru juga lebih kreatif dalam mengajar dengan berbagai macam strategi pembelajaran yang baru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru PKn dalam menerapkan strategi pembelajaran aktif ternyata belum berjalan efektif karena pengetahuan guru PKn mengenai strategi pembelajaran aktif tersebut kurang maksimal, selain itu mayoritas secara global guru PKn dalam melaksanakan pembelajaran lebih cenderung dengan cara berceramah, berdiskusi, dan bertanya jawab, meskipun sudah ada beberapa guru yang mencoba untuk menerapkan strategi pembelajaran aktif dalam menyampaikan materi. Guru juga berusaha untuk mengaktifkan siswa meskipun tidak menggunakan strategi pembelajaran aktif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif, Pendidikan Kewarganegaraan)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Mar 2013 11:45
Last Modified: 23 Oct 2021 04:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23202

Actions (login required)

View Item View Item