ROSYIDI, WAHID (2013) Penerapan Metode Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ips Pada Siswa Kelas V Sd N 01 Sumberejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (981kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (152kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
|
PDF (daftar pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf Download (57kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (391kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Perjuangan Melawan Penjajah Di Indonesia melalui penerapan metode pembelajaran Reciprocal Teaching pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Sumberejo tahun pelajaran 2011/2012. Indikator pencapaian yang akan dicapai adalah ketuntasan belajar siswa mencapai sekurangkurangnya 80%. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif yang terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data hasil belajar IPS siswa diperoleh data ketuntasan belajar siswa pada pre test hanya mencapai 47% sedangkan motivasi 8,93, pada siklus I persentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 67%, dan motivasi belajar meningkat menjadi 11,96, hasil belajar siswa mencapai hasil memenuhi KKM pada siklus II sebesar 84% serta motivasi siswa meningkat menjadi 13,96. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi siswa serta hasil belajar siswa pada setiap siklusnya, dan mencapai indikator keberhasilan pada siklus II dengan hasil 80% siswa dapat memenuhi nilai KKM (70). Hal ini telah memenuhi indikator pencapaian yang ditentukan yaitu ketuntasan belajar siswa sekurang-kurangnya mencapai persentase 80%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Reciprocal Teaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Sumberejo tahun pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Reciprocal Teaching, motivasi belajar siswa, hasil belajar siswa, |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 20 Mar 2013 11:35 |
Last Modified: | 20 Mar 2013 11:35 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23200 |
Actions (login required)
View Item |