Fathoni, Bondan and , Drs. Mulyadi S.K., M.Pd. (2013) Peningkatan Kreativitas Belajar Ipa Dengan Menggunakan Metode Diskusi Tipe Buzz Group Pada Siswa Kelas V Sdn 01 Paseban Jumapolo Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (765kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (168kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (706kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (225kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (571kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan kreativitas belajar IPA pada siswa kelas V SDN 01 Paseban Jumapolo dengan menggunakan metode diskusi tipe Buzz Group. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek yang memberikan tindakan adalah guru kelas V dibantu kepala sekolah, sedangkan siswa kelas V SD Negeri 01 Paseban Kecamatan Jumapolo, Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 18 siswa, putra 11 siswa dan putri 7 siswa sebagai subyek yang menerima tindakan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi: pengumpulan data, reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kreativitas belajar IPA meningkat dilihat dari aspek memiliki rasa ingin tahu yang besar sebanyak 4 siswa (22%) sampai menjadi 16 siswa (89%), sering mengajukan pertanyaan yang berbobot sebanyak 4 siswa (22%) menjadi 15 siswa (83%), memberikan banyak gagasan dan usul terhadap suatu masalah sebanyak 3 siswa (17%) sampai menjadi 15 siswa (83%), mempunyai pendapat sendiri dan dapat mengungkapkannya, tidak mudah terpengaruh orang lain sebanyak 5 siswa (28%) sampai menjadi 16 siswa (89%), dapat bekerja sendiri sebanyak 6 siswa (33%) sampai menjadi 16 siswa (89%). Hasil belajar siswa juga meningkat, siswa siswa yang tuntas belajarnya sebelum dilaksanakan tindakan sebanyak 7 siswa (39%) sampai menjadi 16 siswa (89%).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | diskusi tipe buzz group, kreativitas belajar IPA. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 20 Mar 2013 11:26 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 15:20 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23197 |
Actions (login required)
View Item |