WIDIASTUTI, PURNA YUDA MEI and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2013) Peningkatan Kedisiplinan Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Aptitude Treatment Interaction Dengan Media Pocket Card (Ptk Bagi Siswa Kelas Vii Semester Ii Smp Negeri 2 Gatak Tahun 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (574kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf Download (92kB) |
|
PDF (bab 2)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) |
||
PDF (bab 3)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
||
PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) |
||
PDF (bab 5)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
|
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (156kB) |
|
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (493kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kedisiplinan dan hasil belajar matematika siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Gatak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Proses pembelajaran matematika yang digunakan adalah strategi aptitude treatment interaction dengan media pocket card. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode alur, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu 1) terdapat peningkatan kedisiplinan yang diamati dari meningkatnya indikator kedisiplinan meliputi yaitu a) taat terhadap peraturan sebelum tindakan 10 siswa (31,25 %), siklus I 18 siswa (56,25 %), siklus II 26 siswa (81,25 %), dan b) tepat waktu sebelum tindakan 9 siswa (28,13 %), siklus I 17 siswa (53,13 %), siklus II 24 siswa (75 %)dan 2) terdapat peningkatan hasil belajar matematika dengan indikator siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 70 sebelum tindakan 7 siswa (21,88 %), siklus I 14 siswa (43,75 %), siklus II 23 siswa (71,88 %). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi aptitude treatment interaction dengan media pocket card dapat meningkatkan kedisiplinan dan hasil belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kedisiplinan, Hasil belajar, Aptitude, Treatment, Interaction, Pocket card. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Sapta Pujianta, S.I.Pust |
Date Deposited: | 20 Mar 2013 11:21 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 20:57 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23194 |
Actions (login required)
View Item |