Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle “5-E” Dengan Menggunakan Alat Peraga Pada Siswa Kelas V Sd N 03 Mudal Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013

Hidayati, Kusuma Nur and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd (2013) Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle “5-E” Dengan Menggunakan Alat Peraga Pada Siswa Kelas V Sd N 03 Mudal Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (122kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (492kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa melalui model pembelajaran Learning Cycle “5-E” dengan menggunakan bantuan alat peraga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 3 Mudal Boyolali yang berjumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara secara analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan . Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan penalaran siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari : 1) kemampuan dalam mengajukan dugaan dan ide dalam bentuk kalimat matematika sebelum tindakan sebesar 17,39%, diakhir tindakan menjadi 73,92%, 2) kemampuan menggunakan rumus yang tepat dalam menyelesaikan kalimat matematika sebelum tindakan sebesar 52,17%, diakhir tindakan naik menjadi 78,26%, 3) kemampuan melakukan operasi hitung dengan baik dan benar sebelum tindakan sebesar 42,47%, diakhir tindakan naik menjadi 86,95% , dan 4) kemampuan menarik kesimpulan sebelum tindakan sebesar 34,78%, diakhir tindakan naik menjadi 78,28%. Siswa yang memenuhi KKM ( ≥ 65) meningkat yang walnya ketuntansannya hanya 52,17% menjadi 91,30%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5-E dengan menggunakan alat peraga dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa sehingga berdampak pula terhadap prestasi belajarnya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan penalaran, Learning Cycle 5-E, alat peraga.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2013 11:18
Last Modified: 29 Oct 2021 15:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23192

Actions (login required)

View Item View Item