Handayani, Dian Tri and , Drs. Suyahman, M.Si., M.H. (2013) Pelaksanaan Pendidikan Karakter Mandiri Pada Kegiatan Kepramukaan (Studi Kasus pada Kegiatan Ekstra Kurikuler Pramuka di SMP Negeri 2 Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (609kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (101kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (99kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (476kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mendiskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter mandiri pada kegiatan kepramukaan di SMP Negeri 2 Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013, untuk mendiskripsikan kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan karakter mandiri pada kegiatan kepramukaan di SMP Negeri 2 Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013, untuk mendiskripsikan solusi/ upaya mengatasi kendala-kendala dalam pelaksanaan pendidikan karakter mandiri pada kegiatan kepramukaan di SMP Negeri 2 Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013. Sumber data dalam penelitian ini meliputi informan, tempat dan peristiwa, serta dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan telaah dokumentasi. Untuk menguji keabsahan/kevalidan data penulis menggunakan trianggulasi sumber data dan trianggulasi teknik/metode pengumpulan data. sedangkan untuk menganalisis data penulis mengunakan analisis dara interaktif. Setelah dilakukannya penelitian ini penulis dapat menyimpulkan bahwa Pelaksanaan pendidikan karakter mandiri di SMP Negeri 2 Kartasura diberikan dalam bentuk kegiatan yang menarik, menantang, dan menyenangkan yaitu melalui kegiatan kepramukaan. Semua kegiatan yang dilakukan sudah terjadwal dengan baik hal tersebut bertujuan agar Pembina dapat mengetahui perubahan karakter yang terjadi pada peserta didik. Kegiatan yang membuat peserta didik menjadi mandiri di SMP Negeri 2 Kartasura yaitu pelantikan, persami, PBB, apel pembukaan dan apel penutupan, dll. Kendala-kendala yang terjadi dalam pelaksanaan pendidikan karakter mandiri melalui kegiatan kepramukaan di SMP Negeri 2 Kartasura disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern dalam penelitian ini adalah kurangnya minat, motivasi, semangat dan keinginan peserta didik untuk berubah menjadi mandiri. Faktor ekstern dalam penelitian ini adalah faktor keluarga, lingkungan, media elektronik, dan cuaca. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang terjadi dapat dilakukan dengan melakukan pendidikan karakter secara terpadu dengan semua mata pelajaran dan kegiatan ekstra kurikuler yaitu pramuka. Kegiatan kepramukaan yang diwajibkan bagi peserta didik kelas VII merupakan salah satu upaya untuk melaksanakan pendidikan karakter mandiri.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter Mandiri, dan Kegiatan Kepramukaan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 20 Mar 2013 11:11 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 04:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23191 |
Actions (login required)
View Item |