Prestasi Belajar Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Dan Komunikasi Mahasiswa Dengan Dosen Pada Mata Kuliah Manajemen Keuangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP Ums Angkatan 2010

Sari, Agian Enggar Nino and , Prof.Dr.Yetty Sarjono,M.Si and , Dr.Suyatmini,SE.,M.Si (2013) Prestasi Belajar Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Dan Komunikasi Mahasiswa Dengan Dosen Pada Mata Kuliah Manajemen Keuangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP Ums Angkatan 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (248kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (593kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh aktivitas belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar manajemen keuangan. 2) Pengaruh komunikasi mahasiswa dengan dosen terhadap prestasi belajar manajemen keuangan. 3) Pengaruh aktivitas belajar mahasiswa dan komunikasi mahasiswa dengan dosen terhadap prestasi belajar manajemen keuangan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa FKIP ekonomi akuntansi angkatan 2010. Sampel diambil sebanyak adalah 89 mahasiswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 59,618 + 0, 163X1 + 0, 216X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar manajemen keuangan dipengaruhi oleh aktivitas belajar dan komunikasi mahasiswa dengan dosen. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) ”Ada pengaruh aktivitas belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar manajemen keuangan” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,627 > 2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,021 dengan sumbangan efektif sebesar 7,3%. 2) “ Ada pengaruh antara komunikasi mahasiswa dengan dosen terhadap prestasi belajar manajemen keuangan ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,104 > 2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,013 dengan sumbangan efektif sebesar 24,5%. 3) “ Ada pengaruh antara aktivitas belajar mahasiswa dan komunikasi mahasiswa dengan dosen terhadap prestasi belajar manajemen keuangan ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 7,798 > 3,150 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,318 menunjukkan bahwa besarnya aktivitas belajar mahasiswa dan komunikasi mahasiswa dengan dosen secara bersama-sama terhadap prestasi belajar manajemen keuangan adalah sebesar 31,8%, sedangkan 68,2% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar, komunikasi mahasiswa dengan dosen dan Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Mar 2013 12:07
Last Modified: 28 Oct 2021 03:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23156

Actions (login required)

View Item View Item