Pengaruh Pengelolaan Kelas Dan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri I Pati Tahun Ajaran 2012/2013

Badriyah, Laelatul and , Dr.Sabar Narimo, M.M., M.Pd. and , Dra.Wafrotur Rohmah,S.E,M.M (2013) Pengaruh Pengelolaan Kelas Dan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri I Pati Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (513kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (620kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF ( Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri 1 Pati tahun ajaran 2012/2013. 2) Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri 1 Pati tahun ajaran 2012/2013. 3) Untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas dan media pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri 1 Pati tahun ajaran 2012/2013.Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI program IPS di SMA Negeri 1 Pati tahun ajaran 2012/2013. Sampel diambil sebanyak 84 siswa. Data yang diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif.Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 70,710 + 0, 115.X1 + 0, 082.X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh pengelolaan kelas dan media pembelajaran. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) ”Ada pengaruh pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri 1 Pati tahun ajaran 2012/2013” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda uji t diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,610 > 2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,011 dengan sumbangan efektif sebesar 13,2%. 2) “ Ada pengaruh media pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri 1 Pati tahun ajaran 2012/2013 ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda uji t diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,572 > 2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,012 dengan sumbangan efektif sebesar 12,6%. 3) “ Ada pengaruh pengelolaan kelas dan media pembelajaran dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri 1 Pati tahun ajaran 2012/2013” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda uji F diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 6,511 > 3,150 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,007. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,258 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh pengelolaan kelas dan media pembelajaran secara bersama-sama terhadap prestasi belajar adalah sebesar 25,8%, sedangkan 74,2% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2013 11:57
Last Modified: 28 Oct 2021 03:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23155

Actions (login required)

View Item View Item