Murgiyanti, Retno and , Drs.Sriyono,M.Pd (2013) Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Ips Terpadu Dengan Metode Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas VIII E Smp Negeri 1 Sambi Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
1._Naskah_Publikasi.pdf Download (342kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf Download (729kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (992kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (89kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan motivasi belajar IPS Terpadu setelah diterapkan metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Sambi tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan menggunakan tiga siklus. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Sambi yang berjumlah 32 siswa, 10 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Tehnik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS Terpadu. Hal ini dapat dilihat dari indikator motivasi belajar: (1). Siswa yang aktif bertanya sebelum tindakan sebesar 25%, siklus I sebesar 40,6% siklus II sebesar 53,1% siklus III sebesar 81,2% (2). Siswa yang aktif menjawab pertanyaan sebelum tindakan sebesar 25%, siklus I sebesar 43,7% siklus II sebesar 56,2% dan siklus III sebesar 84,4% (3). Siswa yang terlihat serius, memperhatikan dan menyimak pelajaran yang disampaikan guru sebelum tindakan sebesar 31%, siklus I sebesar 65,6% siklus II sebesar 78,1% dan siklus III sebesar 90,6%. Rata-rata motivasi belajar sebelum tindakan sebesar 27%, siklus I sebesar 49,9% siklus II sebesar 62,5% dan siklus III sebesar 85,4%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar IPS Terpadu setelah diterapkan metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Sambi tahun pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Strategi Pembelajaran, Numbered Heads Together (NHT) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 18 Mar 2013 11:13 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 02:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23149 |
Actions (login required)
View Item |