Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Menengah Ditinjau Dari Persepsi Mahasiswa Tentang Penerapan Metode Pemberian Tugas Dan Kemampuan Berfikir Kritis Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Ums Angkatan Tahun 2010

Nurhayati, Fatimah and , Dra.Titik Asmawati, S.E, M.Si and , Drs.Jalal Fuadi.M.M (2013) Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Menengah Ditinjau Dari Persepsi Mahasiswa Tentang Penerapan Metode Pemberian Tugas Dan Kemampuan Berfikir Kritis Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Ums Angkatan Tahun 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (452kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (337kB)
[img]
Preview
PDF (Bba I)
Bab_I.pdf

Download (144kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh persepsi mahasiswa tentang penerapan metode pemberian tugas terhadap prestasi belajar Akuntansi Keuangan Menengah, 2) pengaruh kemampuan berfikir kritis terhadap prestasi belajar Akuntansi Keuangan Menengah, 3) pengaruh persepsi mahasiswa tentang penerapan metode pemberian tugas dan kemampuan berfikir kritis terhadap prestasi belajar Akuntansi Keuangan Menengah. Jenis penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi UMS angkatan 2010 yang berjumlah 190 mahasiswa dengan sampel sebanyak 123 mahasiswa yang diambil dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket sebelumnya telah diujicobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F, sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Berdasar hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y= 18,723 + 0,370X1 + 0,364X2, artinya prestasi belajar Akuntansi Keuangan Menengah dipengaruhi oleh persepsi mahasiswa tentang penerapan metode pemberian tugas dan kemampuan berfikir kritis. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: 1) persepsi mahasiswa tentang penerapan metode pemberian tugas berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar Akuntansi Keuangan Menengah. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel , yaitu 2,287 > 1,980 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,024 2) kemampuan berfikir kritis berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar Akuntansi Keuangan Menengah. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel , yaitu 2,158 > 1,980 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,033. 3) persepsi mahasiswa tentang penerapan metode pemberian tugas dan kemampuan berfikir kritis secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar Akuntansi Keuangan Menengah. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 9,338 > 3,072 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) variabel persepsi mahasiswa tentang metode pemberian tugas memberikan sumbangan efektif 7,02%. variabel kemampuan berfikir kritis memberikan sumbangan efektif 6, 48%, sehingga total sumbangan efektif kedua variabel sebesar 13,5%, sedangkan 86,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi, metode pemberian tugas, kemampuan berfikir kritis, prestasi belajar Akuntansi Keuangan Menengah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Mar 2013 11:07
Last Modified: 28 Oct 2021 02:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23146

Actions (login required)

View Item View Item