Guntur, Guntur and , Drs.Sudarto HS. MM (2013) Prestasi Belajar Dasar Akuntansi 1 Ditinjau Dari Cara Belajar Dan Sarana Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (384kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (649kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (72kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh cara belajar terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 1 mahasiswa FKIP program studi Pendidikan Akuntansi tahun 2012; 2) Untuk mengetahui pengaruh sarana belajar terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 1 mahasiswa FKIP program studi Pendidikan Akuntansi tahun 2012; 3) Untuk mengetahui pengaruh cara belajar dan sarana belajar terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 1 mahasiswa FKIP program studi Pendidikan Akuntansi tahun 2012. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah 190 mahasiswa FKIP program studi Pendidikan Akuntansi tahun 2012. Sampel diambil sebanyak 123 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berberganda, uji F (uji signifikansi secara simultan), uji t (uji signifikansi secara parsial), dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 33,034 + 0,265X1 + 0,234X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh cara belajar dan sarana belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Cara belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 1, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji signifikansi secara parsial) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,988 > 1,980 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 27%; 2) Sarana belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 1, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji signifikansi secara parsial) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,288 > 1,980 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001, dengan sumbangan efektif sebesar 21,7%; 3) Cara belajar dan sarana belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 1, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier berganda (uji signifikansi secara simultan) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 56,964 > 3,072 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,487 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh cara belajar dan sarana belajar terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 1, adalah sebesar 48,7% sedangkan 51,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cara Belajar dan Sarana Belajar dan Prestasi Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Mar 2013 06:02 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 02:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23135 |
Actions (login required)
View Item |